Fungsi Test Treadmill Dalam Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner

Fungsi Test Treadmill Dalam Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner

Tes treadmill adalah pemeriksaan yang paling umum dilakukan oleh dokter jantung untuk deteksi penyakit jantung koroner.

Tes treadmill juga dilakukan pada pasien pasca perawatan serangan jantung, untuk menilai tingkat resiko untuk mengalami kejadian akut koroner di kemudian hari dan menentukan penanganan lebih lanjut. Tes treadmill juga untuk menentukan tingkat aktivitas yang dapat dilakukan pasien setelah terkena serangan jantung.

Bagaimana Cara Melakukan Test Treadmill Dalam Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner ?

Pertama-tama, pasien akan dibawa ke ruang treadmill dimana nadi dan tekanan darah saat istirahat akan direkam. Kemudian elektroda yang berbentuk bulat akan ditempelkan pada dada dan dihubungkan dengan EKG pada mesin pemeriksaan.Tes ini memakan waktu sekitar 20-40 menit tergantung dari kapasitas latihan Anda dan waktu munculnya gejala. Berikut merupakan cara melakukan test treadmill dalam mendiagnosa penyakit jantung koroner :
  • Setalah peralatan di hubungkan untuk memonitor jantung, anda akan di suruh berjalan perlahan di tempat di atas treadmill.
  • Kemudian kecepatan akan semakin meningkat, untuk kecepatan yang lebih cepat, treadmill dimiringkan untuk menghasilkan efek naik sebuah bukit kecil.
  • Kemudian mungkin anda diminta untuk bernapas ke dalam tabung selama beberapa menit
  • Anda juga dapat menghentikan tes setiap saat jika diperlukan
  • Setelah itu akan duduk atau berbaring untuk memiliki jantung dan tekanan darah mereka diperiksa. 
Ada beberapa pertimbangan yang harus diikuti apabila tes ini akan dihentikan dan Anda tidak perlu menyelesaikan semua tahapan. Tes ini akan dihentikan apabila target denyut nadi telah tercapai, atau apabila Anda mengalami gejala seperti nyeri dada, pusing, kenaikan tekanan darah yang berlebihan, atau kelelahan yang ekstrim.
  • Bagian kedua dari tes ini adalah periode pemulihan atau fase “slowing down”. Kecepatan akan diturunkan secara bertahap dalam 10 menit. Tekanan darah, denyut jantung, dan EKG Anda akan tetap dipantau selama bagian kedua ini berlangsung.
Meskipun penyakit jantung adalah pembunuh terbesar di Indonesia, kini telah ada kemajuan luar biasa dalam teknologi medis dalam beberapa tahun terakhir dalam membantu menyembuhkan dan mencegah penyakit jantung koroner. Jika terdeteksi dalam waktu sedini mungkin, kebanyakan orang didiagnosis dengan kondisi jantung dapat kembali ke kehidupan normal.

Fungsi Test Treadmill Dalam Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner

0 Response to "Fungsi Test Treadmill Dalam Mendiagnosa Penyakit Jantung Koroner"

Poskan Komentar