Bahan Herbal untuk Obat Batuk Kering yang Alami


Batuk adalah gejala dari adanya gangguan pada saluran pernafasan. Batuk bisa menjadi indikator adanya penyakit pernapasan seperti TBC, pilek, flu, asma dan bronkitis.
Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendirmakanandebuasap dan sebagainya
Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk..
Batuk sendiri sebenarnya ada dua jenis, yaitu batuk batuk produktif dan batuk tidak produktif. Batuk produktif yaitu apabila terjadinya batuk disertai dengan keluarnya lendir atau dahak dari paru-paru ke dalam mulut. Sementara batuk tidak produktif adalah ketika batuk dan tidak adanya dahak yang keluar. Batuk tidak produktif disebut juga dengan istilah batuk kering. 
Saat ini sudah ada banyak obat batuk medis yang digunakan untuk mengobati batuk kering. Namun apabila anda ingin mengobati batuk kering secara alami, Anda bisa coba dengan cara pengobatan batuk kering tradisional menggunakan bahan alami berikut ini :
1. Jahe plus Madu
Ramuan jahe bisa membantu menghangatkan tenggorokan. Bila anda sedang menderita batuk kering, maka anda bisa mencoba ramuan jahe. Potong jahe tipis-tipis dan kemudian haluskan. Rebus jahe dalam air selama satu jam. Tambahkan sedikit gula ataupun madu asli untuk meningkatkan rasa. Ramuan ini bisa anda minum dua kali sehari.
2. Lemon
Campurkan satu sendok makan air lemon dengan satu sendok teh madu dan minum berkali-kali sehari untuk meredakan batuk. Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Almond dan madu
Rendam segenggam almond semalaman dan kupas kulit almond di pagi hari. Kemudian tumbuh sampai halus dan campurkan dengan satu sendok madu. Anda bisa mengonsumsinya dua kali sehari.
4. Bawang merah
Anda bisa menggunakan irisan bawang merah untuk meredakan batuk. Anda juga dapat membuat jus bawang merah dan mencampurnya dengan madu untuk meringankan batuk kering
5. Susu dan madu
Untuk mengatasi batuk kering, campurkan satu sendok makan madu dalam segelas susu hangat. Anda bisa meminumnya sekali sehari atau sewaktu hendak tidur. Susu madu juga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan peradangan.
6. Kunyit dan lada hitam
Rebus setengah cangkir air dan tambahkan satu sendok teh kunyit, satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok teh bubuk lada hitam. Campur semua bahan dan minum ramuan ini tiga kali sehari untuk meredakan batuk.
Demikian adalah beberapa bahan ramuan alami untuk mengobati batuk kering secara alami yang bisa anda coba. Semoga dapat memberikan manfaat.
Ingat! Ketika anda sudah mencoba obat batuk kering herbal di atas namun batuk anda tetap tidak kunjung ada perubahan, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

0 Response to "Bahan Herbal untuk Obat Batuk Kering yang Alami"

Poskan Komentar