Penyebab Jantung Bengkak Sebelah

Penyebab Jantung Bengkak Sebelah 

Penyebab Jantung Bengkak Sebelah > Inilah BAHAYA Jantung Bengkak Sebelah Yang Harus Anda Ketahui Sekarang juga .

Jantung bengkak adalah suatu penyakit pada jantung yang terjadi karena organ jantung mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh kurangnya asupan darah dan oksigen yang menuju jantung sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada katup jantung, tekanan darah tinggi dan otot jantung menjadi lemah. Jantung bengkak juga bisa terjadi oleh beberapa faktor pola hidup yang kurang sehat. 

Penyebab jantung bengkak dan gejalanya antara lain karena faktor keturunan. Barang siapa mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat jantung bengkak maka kemungkinan untuk mengalami jantung bengkak akan menjadi lebih tinggi, oleh karena itu, dibutuhkan tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat bagi mereka yang memiliki garis keturunan jantung bengkak, amat sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin sehingga Anda bisa mengetahui kondisi badan sendiri.

Penyebab Jantung Bengkak Sebelah

Jantung bengkak tetap menjadi obyek penelitian yang menarik. Tidak mengherankan jika para pakar kesehatan terus melakukan penelitian dan pengkajian mengenai penyebab jantung bengkak. Dan hasilnya, ternyata jantung bengkak disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

Jarang olahraga 

Penyebab pembengkakan jantung yang pertama adalah jarang berolahraga. Tubuh yang jarang berolahraga jarang mengeluarkan keringat. Resikonya terjadi kelebihan berat badan (obesitas). Ini sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung. Bukan hanya membuat jantung bengkak, tidak rajin berolahraga juga beresiko menyebabkan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. 

Kelainan jantung sejak lahir 

Tidak semua orang lahir dengan jantung normal. Beberapa orang mengalami kelainan jantung atau yang biasa disebut sebagai penyakit jantung bawaan. Contohnya, seperti jantung bocor atau timbulnya lubang pada jantung. Ini membuat jantung harus bekerja keras karena tidak sempurnanya organ jantung. Jantung harus memompa lebih keras dan itu sangat potensial menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

Otot jantung lemah 

Otot jantung melemah bisa disebabkan beberapa faktor seperti serangan jantung. Otot jantung yang lemah membuat jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Semakin lama hal ini terjadi, semakin tinggi resiko terjadinya jantung bengkak.
Tekanan darah tinggi 
Terjadinya tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras. Ini sangat berpengaruh terhadap peluang terjadinya jantung bengkak. Apalagi umumnya penderita tekanan darah tinggi biasanya jarang menyadari jika terserang penyakit ini. Pasalnya, penyakit ini nyaris tanpa gejala berarti. Untuk itu, sangat baik untuk memeriksakan tekanan darah pada pihak medis untuk mengetahui secara pasti tingkat tekanan darah Anda. Agar jika terjadi tekanan darah tinggi bisa segera diobati supaya tidak merembet menyebabkan jantung bengkak.

Kerusakan katup jantung 

Rusaknya katup pada jantung juga potensial menyebabkan jantung bengkak. Kerusakan katup jantung tersebut bisa disebabkan oleh demam rematik atau karena sebab lainnya. Karena organ yang tidak lagi sempurna, membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah. Kerja jantung yang berlebihan tersebut yang kemudian menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah jantung bengkak?

Untuk mengurangi resiko terjadinya pembengkakan jantung tentunya mulai dari sekarang anda dapat merubah kebiasaan buruk anda. Berikut ini yang dapat anda lakukan untuk mencegah dari penyakit jantung bengkak.

  • Olahraga.  Mungkin bagi orang sibuk sangatlah sulit menyisihkan sebagian waktu untuk olahraga, namun sebaiknya jika anda mempunyai keluhan jantung bengkak atau darah tinggi anda harus rutin berolahraga setiap hari minimal 30 menit. olahraga yang dapat dilakukan seperti berjalan kaki, ataupun aerobik. Karena itu dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Menurunkan berat badan, karena memiliki berat badan yang ideal akan sangat mudah mengontrol tekanan darah dan jantung.
  • Membatasi atau bahkan Menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein atau alkohol.
  • Mengurangi asupan garam pada tubuh. Sebaiknya jika anda memiliki tekanan  darah tinggi anda harus mengurangi pengonsumsian garam karena telah dijelaskan sebelumnya garam merupakan salah satu pemicu terjadinya darah tinggi dan jantung.
  • Lebih banyak mengkonsumsi buah dan makanan yang sehat, seperti mengkonsumsi sayuran, buah-buahan atau mengkonsumsi susu dan makanan yang tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh.
Itulah Penyebab Jantung Bengkak Sebelah dan cara mencegah nya, lakukanlah pemeriksaan rutin agar keadaan jantung anda bisa di ketahui perkembangannya .


0 Response to "Penyebab Jantung Bengkak Sebelah "

Posting Komentar